Hartadi, , Dedhi. and Endang , Widi Winarni and Nani , Yuliantini (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” MELALUI TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Dedhi Hartadi-0.pdf [thumbnail of Skripsi Dedhi Hartadi-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Dedhi Hartadi-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan
hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 58 Kota Bengkulu dengan menggunakan
Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan
yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 81 nilai rata-
rata 40.5 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 90 nilai
rata-rata 45 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 85
nilai rata-rata 42.5 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor
92 nilai rata-rata 46 dengan kriteria “baik”. (3) Ranah kognitif siklus I sebagai
berikut: SBK : 70,59, IPS: 79,41, Matematika: 66,17, IPA: 80,88, Bahasa
Indonesia: 76,17, dan PKn: 79,85. Nilai meningkat pada siklus II yaitu: Bahasa
Indonesia: 8088, Matematika: 76,32, PKn: 84,26, IPS: 80,88, IPA: 83,82 dan
SBK: 73,97. (4) Ranah afektif siklus I sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 10,17
kategori cukup, IPS: 10,44 kategori cukup, SBK: 10,47 kategori cukup,
Matematika: 10,26 kategori cukup, IPA: 10,38 kategori cukup, PKn: 10,41
kategori cukup.Nilai afektif meningkat pada siklus II, yaitu: Bahasa Indonesia:
12,6 kategori baik, IPS: 12,63 kategori baik, SBK: 12,71 kategori baik,
Matematika: 12,54 kategori baik, IPA: 12,6 kategori baik, PKn: 12,6 kategori baik
(5) Ranah psikomotor siklus I sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 9,01 kategori
cukup, IPS: 8,89 kategori cukup, SBK: 8,71 kategori cukup, Matematika: 9,01
kategori cukup, IPA: 8,59 kategori cukup, PKn: 8,98 kategori cukup.Nilai
psikomotor meningkat pada siklus II, yaitu: Bahasa Indonesia: 9,96 kategori baik,
IPS: 10,22 kategori baik, SBK: 10,18 kategori baik, Matematika: 9,81 kategori
baik, IPA: 10,13 kategori baik, PKn: 9,84 kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran
Tematik Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share
dapat Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 58
Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model
Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share dalam
pembelajaran tematik khusus nya kelas rendah I, II dan III.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:12 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5037 |