Amalia, Dian and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MANIPULATIF BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE ( DAP ) ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN KAB. LEBONG ). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![DIAN AMALIA-0.pdf [thumbnail of DIAN AMALIA-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DIAN AMALIA-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak
melalui permainan manipulatif, pada ada anak usia Taman Kanak – Kanak
dengan media permainan manipulatif berupa plastisin. Penelitian ini dilakukan
karena banyak anak dikelas yang belum bisa menulis dengan benar dan rapi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), dengan subjek
penelitian anak kelompok B Taman Kanak – Kanak TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Muara Aman Kabupaten Lebong tahun pelajaran 2011 – 2012, berjumlah 22 anak,
yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 11 orang laki – laki. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1)
perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi.Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi dan lembar kerja anak.
Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis
anak dan digunakan juga untuk mengetahui aktivitas guru dikelas ketika proses
belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan
diketahui bahwa penerapan permainan manipulatif yaitu bermain plastisin dapat
meningkatkan kemampuan menulis anak usia Taman Kanak – Kanak. Hal ini
dapat dilihat dari keberhasilan kemampuan menulis anak pada siklus pertama
sebanyak 45,45 %, pada siklus kedua menjadi 81,81 %,kemampuan menulis anak
meningkat sebanyak 36,36 %.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:20 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5042 |