PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK YASPORBI KOTA BENGKULU MELALUI PERMAINAN MEMANCING IKAN

Widiyanti, Dini and Fuji Astuti, Fitri and Delferi, Delferi (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK YASPORBI KOTA BENGKULU MELALUI PERMAINAN MEMANCING IKAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI DINI WIDIYANTI.pdf] Text
SKRIPSI DINI WIDIYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan kognitif anak
kelompok B2 Taman Kanak-kanak Yasporbi Kota Bengkulu dapat meningkat
melalui permainan memancing ikan?”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian ini
anak kelas B2 Taman Kanak-kanak Yasporbi Kota Bengkulu dengan jumlah
anak 15 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri
dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang saling terkait dan
berkelanjutan. Metode pengumpul data yang digunakan berupa lembar
observasi anak. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data
statistik sederhana berupa persentase. Hasil penelitian pada siklus I, terdiri
dari
tiga
aspek
yang
pertama
yaitu
kemampuan
anak
dalam
mengelompokkan warna diperoleh rata-rata 46% dan pada siklus II
meningkat menjadi
86%.
Aspek
kedua
yaitu
kemampuan
dalam
membandingkan ukuran ikan pada siklus I diperoleh rata-rata 53% dan pada
siklus II meningkat menjadi 86%. Pada aspek ketiga yaitu kemampuan anak
dalam menghitung jumlah ikan pada Siklus I diperoleh rata-rata 46% dan
pada siklus II meningkat menjadi 86%. Selanjutnya dari ketiga aspek
penilaian tersebut menghasilkan yaitu siklus I mencapai 48,33 dan siklus II
meningkat menjadi 86%. Hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa melalui
permainan memancing ikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:27
Last Modified: 19 Dec 2013 15:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200