PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 103 BENGKULU SELATAN

Syafitri Dewi, Eka and Sazili, Muchtar and Yulian, Fauzi (2012) PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 103 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of EKA SYAFITRI DEWI.pdf] Text
EKA SYAFITRI DEWI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (400kB)

Abstract

Penerapan Pendekatan Inkuiri Melalui Diskusi Kelompok Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 103 Bengkulu
Selatan, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi
belajar siswa kelas V SD Negeri 103 Bengkulu Selatan dengan penerapan
pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok pada pembelajaran IPA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah penerapan
pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan keaktifan
dan partisipasi siswa pada pembelajaran IPA dan Apakah penerapan
pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan menggunakan 2 variabel, yaitu variabel
independennya adalah pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok
sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar siswa. Adapun
instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes. Subjek
penelitian adalah siswa/siswi kelas V SD Negeri 103 Bengkulu Selatan yang
berjumlah 22 orang. Data tes dianalisis dengan rata-rata nilai dan persentase
ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Sehingga diperoleh hasil penelitian
pada siklus I nilai rata-rata siswa yakni 6,3 dengan persentase ketuntasan
belajar siswa 60,52% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 7,8
dengan persentase ketuntasan belajar siswa 89,52%. Berdasarkan
penelitian tersebut maka penerapan pendekatan inkuiri melalui diskusi
kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri 103
Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:37
Last Modified: 19 Dec 2013 15:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200