Susanto,, Eko and Nani , Yuliantini and Wurjinem, Wurjinem (2012) PENERAPAN METODE THINK, TALK, WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS VB SD N 61 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Eko Susanto-0.pdf [thumbnail of Skripsi Eko Susanto-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Eko Susanto-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan
kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar
seri di kelas Vb SDN 61 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas Vb SDN 61 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran
2011/2012. Instrumen yang digunakan yaitu alat observasi dan alat tes. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Data observasi
dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan
kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan
rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
lembar observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria “ cukup” dan nilai rata-rata
lembar observasi siswa sebesar 22 dengan kriteria “ cukup”, serta nilai rata-rata
lembar tes 70,93 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 40,62%; (2) pada
siklus II diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 26,5 dengan
criteria “ baik” dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 27 dengan
criteria “ baik”, serta nilai rata-rata lembar tes 76,38 dengan ketuntasan belajar
klasikal sebesar 77,41%. Pada nilai rata – rata afektif siswa pada siklus I diperoleh
secara klasikal 68,75 dan meningkat secara klasikal pada siklus II sebesar 78,92.
Pada nilai rata – rata psikomotor siswa pada siklus I diperoleh secara klasikal
71,87 dan meningkat secara klasikal pada siklus II sebesar 80,91. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode TTW dengan
menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran
dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di Kelas Vb SDN 61 Kota
Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5052 |