MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MU’AMALAH KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG

Hamida, Elis and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MU’AMALAH KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ELIS HAMIDA.pdf] Text
ELIS HAMIDA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain origami pada
kelompok B Taman Kanak-kanak Mu’amalah Kepahiang. Skripsi Program S1
PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. pokok
masalah pada penelitian ini adalah pada setiap kegiatan melipat hanya 20%
anak saja yang mampu menyelesaikan lipatannya. Penelitian Tindakan Kelas
ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kreativitas
dengan menggunakan kegiatan bermain origami pada anak kelompok B
Taman kanak-kanak Mu’amalah Kepahiang Semester 1 Pada Tema Binatang
tahun pelajaran 2011/2012.. Adapun Subjek Penelitian pada Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak
Mu’amalah kepahiang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 anak
yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Pada penelitian
tindakan kelas (PTK) ini dikumpulkan dengan tehnik observasi dan tehnik
hasil karya. Pada siklus i hasil dari analisis menunjukkan tingkat keberhasilan
anak dalam pembelajaran 68.40% , jadi pada siklus I penelitian ini dinyatakan
gagal. Pada siklus II penulis menggunkan metode perlombaan. Pada siklus II
ini kreativitas anak meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang
menunjukkan tingkat keberhasilan mencapai 85.52 % dan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kegiatan bermain origami dapat dijadikan sebagai sarana
untuk mengembangkan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:43
Last Modified: 19 Dec 2013 15:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200