Elistiana, Elistiana and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENGGUNAAN MEDIA BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SDN NO. 28 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ELISTIANA.pdf [thumbnail of ELISTIANA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ELISTIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (333kB)
Abstract
Penggunaan media bervariasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN.NO 28 B engkulu Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 28 Bengkulu Selatan
dengan menggunakan media bervariasi sebagai alat bantu mengajar pada
materi magnet menarik benda tertentu pada pembelajaran IPA. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini di dukung oleh: hakikat
pembelajaran IPA di SD,proses belajar mengajar,motivasi belajar,media
pembelajaran,macam-macam media,manfaat media pembelajaran dan media
bervariasi.Lembaran observasi terdiri dari lembaran observasi guru dan
lembaran observasi siswa yang dianalisis menggunakan rata-rata skor, skor
tertinggi pengamatan dan kisaran nilai untuk tiap criteria. Jenis tes yang
diberikan berbentuk uraian yang diberikan diakhir pembelajaran yang
dianalisis menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan
belajar.Hasil yang di dapat pada penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata siswa59,94 dengan persentase ketuntasan belajar 37,52%,
pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 67,81dengan persentase
ketuntasan belajar 68,75%, sedangkan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata
siswa 77,68 dengan persentase ketuntasan belajar 87,5%.Sedangkan hasil
observasi guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 15 dari hasil observasi
siswa diperoleh rata-rata 8 dengan criteria cukup,pada siklus II hasil
observasi guru dengan rata-rata19 dari hasil observasi siswa diperoleh rata-
rata 15 dengan criteria baik,sedangkan pada siklus III hasil observasi guru
denganrata-rata 24 dan hasil observasi siswa diperoleh rata-rata 18 dengan
criteria baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan media bervariasi pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:45 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5055 |