Erawati, Erni and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN REINFORCEMENT SECARA VARIATIF PADA ANAK KELOMPOK B3 TAMAN KANAK – KANAK NEGERI PEMBINA KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ERNI ERAWATI.pdf [thumbnail of ERNI ERAWATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ERNI ERAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (575kB)
Abstract
Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu “ Bagaimana
peggunaan reinforcement secara variaif dapat meningkatkan kedisiplinan
anak kelompok B3 Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Kepahiang”.
Adapun tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu untuk
meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B3 Taman Kanak- Kanak Negeri
Pembina Kepahiang. Tindakan yang digunakan untuk meningkatkan
kedisiplinan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu dengan
penggunaan reinforcement secara variatif. Subjek penelitian berjumlah 20
orang anak yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 8 orang anak
perempuan. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas 2 siklus.
Pada siklus I secara umum diperoleh 62,25% anak yang telah
meningkatdisiplinnya. Pada siklus II secara umum diperoleh 89,61% anak
yang telah meningkat disiplinnya. Siklus II dinyatakan berhasil karena
persentase dari kriteria keberhasilan yaitu 75%. Maka dapat disimpulkan
bahwa penggunaan reinforcement secara variatif dapat meningkatkan
kedisiplinan anak kelompok B3 Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina
Kepahiang.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:56 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5059 |