Etilia, Resda and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 01 KAUR TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI RESDA ETILIA PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI RESDA ETILIA PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RESDA ETILIA PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SD
Negeri 01 Kaur Tengah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas V SD Negeri 01 Kaur Tengah. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi
dianalisis dengan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih
skor, dan kisaran nilai tiap criteria sedangkan data tes dianalisis dengan
menggunakan rumus rata-rata nilai, daya serap, dan persentase ketuntasan
balajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) siklus I
dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 22,5, aktivitas siswa 22,
sedangkan nilai rata-rata 70,2, daya serap 70,2% dan ketuntasan belajar
klasikal 60%; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi guru 26 dan
aktivitas siswa 26, sedangkan nilai rata-rata 83, daya serap 83% dan
ketuntasan belajar klasikal 93,3%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 01 Kaur
Tengah. Dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hendaknya
guru memberikan perhatian yang merata kepada siswa dan menanamkan
sikap ketergantungan positif dengan sesama anggota kelompok pada saat
diskusi sehingga siswa biasa bekerja sama dengan baik, saling menghargai,
dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:58 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5060 |