UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 KAUR UTARA

Aprianti, Filli and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 KAUR UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP FILLI AFRIANTI PDF OK1.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP FILLI AFRIANTI PDF OK1.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan kualitas proses
belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Kaur Utara dengan
menggunakan metode pemberian tugas. (2) Apakah dengan
menggunakan metode pemberian tugas prestasi siswa Kelas IV SD
Negeri 06 Kaur Utara lebih baik dan meningkat. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan
kuantitatif dilakukan untuk memperoleh data dari evaluasi belajar siswa.
Sedangkan pendekatan kualitatif dilakukan untuk memperoleh data dari
hasil observasi yang akan memberikan jawaban tentang pengumpulan
data dilakukan melalui : Tes akhir pembelajaran. Observasi proses
pembelajaran, interview setelah hasil pembeljaran, dan lembar
pengamatan terhadap siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas
IV SD Negeri 06 Kaur Utara. Peneliti mengambil satu kelas sebagai
sampel jumlah siswa 24 orang terdiri dari 11 Laki – laki dan 13
Perempuan. Pada masing – masing siklus, tes akhir pembelajaran
digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi
dilakukan untuk mengamati aktifitas guru dan siswa selama kegiatan
belajar mengajar berlangsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
adalah : Pada siklus I hasil evaluasi menunjukkan nilai rata – rata siswa
57,70 dengan persentase ketuntasan 54%. Pada siklus II rata – rata
siswa sebesar 76,04 dan hasil evaluasi menunjukkan persentase
ketuntasan sebesar 87%. Jadi, target yang diterapkan telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dengan menggunakan metode
melalui pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di
Kelas IV SD Negeri 06 Kaur Utara Kabupaten kaur.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:12
Last Modified: 19 Dec 2013 16:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item
View Item