PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 SUKARAMI

Gunawan, Hendra and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 SUKARAMI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of HENDRA GUNAWAN.pdf] Text
HENDRA GUNAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikelas V SD Negeri 2 Sukarami pada mata pelajaran
matematika dengan materi pelajaran tentang bangun ruang. Latar belakang
penelitian ini adalah kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika
dikelas V SD Negeri 2 sukarami yang mengakibatkan rendahnya nilai rata-
rata hasil belajar siswa, salah satu penyebab kurang berhasilnya proses
pembelajaran dikarenakan kegiatan belajar kurang disenangi siswa.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah” apakah ada dampak metode
demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada pokok
bahasan bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarami ” adapun tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan
menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 2
Sukarami. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap
siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan repleksi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan
evaluasi. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh nilai hasil belajar dengan
rata-rata 6.45, dan pada siklus II menjadi 6.90. Dengan naiknya rata-rata
kelas ini menunjukan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat
meningkatkan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas
V SD Negeri 2 Sukarami, penerapan metode demonstrasi juga dapat
menciptakan keadaan kelas lebih konduksif dan menunjang proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:14
Last Modified: 19 Dec 2013 16:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200