PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SDN 60 BENGKULU SELATAN.

Anderi, Heni and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SDN 60 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of HENI ANDERI.pdf] Text
HENI ANDERI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (716kB)

Abstract

Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan
prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Jenis
penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) ini dilaksanakan di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan yang
berjumlah 15 orang, dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan. Hasil
penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pad aketuntasan belajar
klasikal, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I.
diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar 33,5 dengan criteria baik,
pada siklus II rata-rata sekor guru 36 dengan criteria baik, dan rata-rata skor
observasi siswa siklus I sebesar 33,5 dengan criteria baik dan siklus II 36.
Metode pengumpulan data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase
ketuntasna belajar klasikal dan daya serap klasikal, sednagkan data
observasi analisis dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor
terendah, selisih skor, kisaran nilai tiap criteria. Hasil analisis ketuntasan hasil
ix
belajar secara klasikal pada siklus I seebsar 73,33% dengan nilai rata-rata
69,33. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi
100% dengan rata-rata meningkat menjadi 77,0. dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan
kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPA khususnya di kelas V SDN 60 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:17
Last Modified: 19 Dec 2013 16:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200