PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SDN 02 KOTA BENGKULU

Novianti, , Herna and Ansyori , Gunawan and Wurjinem, Wurjinem (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SDN 02 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Herna Novianti-0.pdf] Text
Skripsi Herna Novianti-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, aktivitas
guru dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Problem
solving melalui media konkret pada mata pelajaran matematika kelas VB SDN 02
Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 02 Kota
Bengkulu dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar
observasi dan lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan
menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis
dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil
yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk aktivitas guru pada siklus I
diperoleh rata-rata skor 26,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat
dengan rata-rata skor 31,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus
I diperoleh rata-rata skor 29,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II
meningkat dengan rata-rata skor menjadi 33,75 dengan kriteria baik. Untuk
penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor yaitu 6,63 dan pada siklus II
diperoleh skor 7,59. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 6,41
dan pada siklus II diperoleh skor 7,51. Adapun untuk hasil tes pada siklus I
mendapat nilai rata-rata kelas 62,57 dengan ketuntasan belajar secara klasikal
mencapai 37%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 75,78 dengan
ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 82%. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa proses pembelajaran Matematika dengan menerapkan metode
Problem Solving melalui media konkret dapat meningkatkan proses pembelajaran
dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:21
Last Modified: 19 Dec 2013 16:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200