MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN KARTU GAMBAR DIKELOMPOK B RA PELITA PLTA TES KABUPATEN LEBONG

Husnah, Hudiah and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN KARTU GAMBAR DIKELOMPOK B RA PELITA PLTA TES KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of hudiah husna pdf.pdf] Text
hudiah husna pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan
menggunakan kartu gambar, pada anak kelompok B RA Pelita PLTA Tes. Penelitian ini
dilakukan karena masih banyak anak yang belum dapat mengenal konseb bilanga dan
menulis angka dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan subjek penelitian anak kelompok B RA Pelita PLTA Tes Kabupaten Lebong
tahun pelajaran 2011–2012 berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 10 orang anak
perempuan dan 4 orang anak laki–laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan
(3) observasi (refleksi). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan hasil
karya anak. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berhitung anak dan juga digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru
dikelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan
pembahasan diketahui bahwa dengan menggunakan gambar anak dapat meningkatkan
hasil belajarnya dalam bentuk pengurangan dan penambahan, berdasarkan hasil
disiklus I mengenal lambang bilangan hanya memperoleh 78,57%, menulis angka 1-20
(64,28%), menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan 1-10 hanya (50%),
memecahkan masalah sederhana 50%, mengenal lambang bilangan memperoleh
92,86%, menulis angka 1 - 20 (85,71%), menyebutkan hasil penambahan dan
pengurangan 1 - 10 (92,86%), memecahkan massalah sederhana 92,86%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:23
Last Modified: 19 Dec 2013 16:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200