Purnama Sari, Indah and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 111 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![INDAH PURNAMA SARI.pdf [thumbnail of INDAH PURNAMA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
INDAH PURNAMA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (310kB)
Abstract
“Tujuan penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa serta
tingkat keberhasilan belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan media
manipulatif. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menerapkan
penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data siswa diperoleh dari
wawancara, daftar hadir siswa dan observasi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri No. 111 Bengkulu Selatan yang berjumlah 10 orang.
Penelitian ini dirancang dengan tahap-tahap refleksi, perencanaan,
pelaksanaan dan monitoring. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.
111 Bengkulu Selatan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan
media manipulatif dalam proses belajar siswa. Hal ini dapat peneliti buktikan
dengan adanya peningkatan hasil tes yang telah dilakukan dari sebelum
tindakan sampai dilakukannya tindakan. Saat dilakukan tindkaan pada pra
siklus rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 51,5, setelah dilakukan
tindakan pada siklus pertama dan kedua berturut-turut adalah 71,0 dan 89,0.
dengan hasil ketuntasan belajar siklus I dan siklus II adalah 50% dan 90%.
Hal ini menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam belajar. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manipulatif pada pembelajaran
matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika kelas V SD Negeri No. 111 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:36 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5072 |