Sukandi, Irawan and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 TETAP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI IRAWAN SUKANDI PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI IRAWAN SUKANDI PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IRAWAN SUKANDI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi
belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02
Tetap dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam
dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus
1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria baik, dan
rata-rata skor observasi siswa sebesar 11,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II
rata-rata skor observasi guru sebesar 23,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor
observasi siswa sebesar 17,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar
secara klasikal pada siklus 1 sebesar 50% dengan nilai rata-rata 6,4. Pada siklus II
ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 94,44% dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 8,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 02 Tetap.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5073 |