PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 BENGKULU SELATAN

Aprianto, Joni and Lukman, Lukman and Sazili, Muchtar (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of JONI APRIANTO.pdf] Text
JONI APRIANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (707kB)

Abstract

Untuk
mendapatkan hasil yang maksimal penerapan pendekatan kooperatif harus
menggunakan suatu model yang mampu mendukung serta menyatukan
keberagaman siswa. Model yang dirasa tepat dalam pendekatan
pembelajaran kooperatif ini adalah kooperatif tipe jigsaw.Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah (1) apakah penerapan pendekatan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dan (2)
apakah penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99
Bengkulu Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif
tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99
Bengkulu Selatan dan (2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini
dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan pada bulan Oktober
dan November 2011. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 20 orang
siswa. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan pendekatan pembelajaran
dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dengan skor hasil observasi
pada siklus I 5,25 meningkat menjadi 7,75 pada siklus II dan Penerapan
pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan
dengan skor nilai rata-rata tes pada siklus I 64 meningkat menjadi 71,5 pada
siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran dengan
model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:46
Last Modified: 19 Dec 2013 16:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200