Julita, Julita and Daimun , Hambali and Abdul, Muktadir (2012) Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Keaktifan Kerja Kelompok dan Hasil Belajar Pkn Siswa kelas IVSekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Julita-0.pdf [thumbnail of Skripsi Julita-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Julita-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan kerja kelompok dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Kota
Bengkulu melalui penerapan model Cooperative Learning Teknik Kepala Bernomor
Struktur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dua siklus. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi
dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan
siswa. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu
kepada ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34 dengan
kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 32 dengan kriteria cukup,
pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 40 dengan kriteria baik dan rata-
rata skor observasi siswa sebesar 39 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan
belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 53 dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus
II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 92 dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 80 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Cooperative Learning Teknik Kepaala Bernomor Struktur dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:49 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5076 |