UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEBAK KATA DI KELAS II SDN 35 KOTA BENGKULU

Oriza, , Keny. and Sri , Dadi and Daimun , Hambali (2012) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEBAK KATA DI KELAS II SDN 35 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Keny Oriza-0.pdf] Text
Skripsi Keny Oriza-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil
belajar siswa kelas II SD Negeri 35 Kota Bengkulu dengan menggunakan model
kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan tebak kata. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) dapat meningkatkan kualitas proses
pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru pada siklus I 36,75
dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II sebesar 42 dengan kriteria “baik”.
Pada aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 36 dengan kriteria “baik” dan
meningkat menjadi 42 pada siklus II dengan kriteria “baik”. (2) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek penilaian yaitu kognitif, afektif dan
psikomotor. Nilai kognitif diukur menggunakan LDS, tes evaluasi dan permainan tebak
kata. Nilai rata-rata LDS adalah untuk mata pelajaran IPA 8 pada siklus I dan meningkat
menjadi 8,4 pada siklus II, Bahasa Indonesia 7,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 8
pada siklus II, Matematika 7,8 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,8 pada siklus II,
dan PKn 8 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 8,6 pada siklus II. Nilai rata-rata
tes evaluasi yaitu untuk mata pelajaran SBK 7,11 pada siklus I dan meningkat menjadi
7,56 pada siklus II, IPA 7,06 pada siklus I dan meningkat menjadi 8 pada siklus II,
Bahasa Indonesia 7,16 pada siklus I dan meningkat menjadi 7,8 pada siklus II,
Matematika 6,86 pada siklus I dan meningkat menjadi 7,86 pada siklus II, IPS 6,96 pada
siklus I dan meningkat menjadi 8,66 pada siklus II, PKn 6,91 pada siklus I dan meningkat
menjadi 8,46 pada siklus II. Pada permainan tebak kata, nilai yang diperoleh yaitu untuk
kelompok A 73,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 pada siklus II, kelompok B
73,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 80, kelompok C 80 pada siklus I dan pada
siklus II tepat mendapat 80, kelompok D 80 pada siklus I dan meningkat menjadi 90 pada
siklus II dan kelompok E 86,6 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus
II. Hasil analisis ranah afektif siswa adalah untuk mata pelajaran SBK 40% pada siklus I
kemudian meningkat menjadi 76,6% pada siklus II, IPA 46,6% pada siklus I dan
meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, Bahasa Indonesia 36,6% pada siklus I dan
meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, Matematika 36,6% pada siklus I dan meningkat
menjadi 83,3% pada siklus II, IPS 43,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,6%
pada siklus II, PKn 40% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Hasil
analisis ranah psikomotor siswa adalah untuk mata pelajaran SBK 43,3% pada siklus I
dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II, k IPA 43,3% pada siklus I dan meningkat
menjadi 86,6% pada siklus II, Bahasa Indonesia 40% pada siklus I dan meningkat
menjadi 86,6% pada siklus II, Matematika 46,6% pada siklus I dan meningkat menjadi
80% pada siklus II, untuk IPS 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus
II, PKn 43,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,6% pada siklus II.. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperati Tipe Teams
Games Tournament dengan permainan tebak kata dapat meningkatkan kualitas proses
pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas II SDN 35 Kota. Maka disarankan kepada
guru untuk menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam
pembelajaran tematik khususnya kelas rendah I, II dan III.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:52
Last Modified: 19 Dec 2013 16:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5077

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200