PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS ANAK KELOMPOK B PAUD CENDANA INDAH KOTA BENGKULU

Marlina, Leni and Agus, Makmurtomo and Yulidesni, Yulidesni (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS ANAK KELOMPOK B PAUD CENDANA INDAH KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of LENI MARLINA.pdf] Text
LENI MARLINA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dari skripsi ini adalah “Apakah Metode Eksperimen Dapat
Meningkatkan Pemahamankonsep sains anak melalui kegiatan mengenal
sifat-sifat air Kelompok B di PaudCendana Indah Kota Bengkulu?”.Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman
konsep sains anak tentang sifat-sifat air setelah diintervensi dalam
pembelajaran metode eksperimen. Penelitian ini merupakan Penelitian
TIndakan Kelas, dimana yang dijadikan subjek penelitian ini adalah kelas B
Paud Cendana Indah Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang anak yang
terdiri dari 6 orang perempuan dan 4 orang anak laki-laki. Penelitian ini terdiri
dari dua siklus, yaitu siklus pertama dan kedua.Tekhnik analisis data yang
digunakan adalah dengan menggunakan data statistik sederhana berupa nilai
rata-rata. Dari hasi penelitian diperoleh informasi pada siklus kedua terjadi
peningkatan pembelajaran, dimana yaitu siklus I hasil kemampuan
eksperimen air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah
berada pada kategori baik 6 orang anak dengan nilai rata-rata 60%, yang
cukup 1 orang dengan nilai rata-rata 10%, dan yang kurang 3 orang anak
dengan nilai rata-rata 30%. Pada siklus II hasil kemampuan eksperimen air
bentuknya berubah-ubah, anak yang berada pada kategori baik sebanyak 8
orangoanak dengan nilai rata-rata 80%, yang cukup sebanyak 2 orang anak
dengan nilai rata-rata20%. Berdasarkan aspek kemampuan eksperimen
dalam rangka mengenal sifat-sifat air pada siklus I hasilrata-ratanya 22,3
(cukup), dan siklus II hasil nilai rata-ratanya 26,3 (Baik). Pada siklus II terjadi
peningkatan dan berhasil, perbaikan pembelajaran ini juga meningkatkan
keaktifan anak didik dalam pembelajaran.Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kriteria kemampuan eksperimen dalam rangka mengenal
sifat-sifat air yaitu melakukan kegiatan, menjawab pertanyaan dan
menceritakan kembali hasil kegiatan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:55
Last Modified: 19 Dec 2013 16:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200