Susanti, Linda and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA JAM PADA MATERI MEMBACA TANDA WAKTU DI KELAS III SDN 03 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![LINDA SUSANTI.pdf [thumbnail of LINDA SUSANTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LINDA SUSANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (637kB)
Abstract
Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui media jam pada materi
membaca tanda waktu di kelas III SDN 03 Bengkulu Selatan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa serta tingkat
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis Penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang
dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi :
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. subjek penelitiannya adalah
siswa kelas III SDN 03 Bengkulu Selatan yang berjumlah 17 siswa. Indikator
yang ditetap guna mengukur keberhasilan penelitian yaitu jika nilai rata-rata
klasikal mencapai ≥70 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar
80%.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siklus I diperoleh nilai rata-
rata klasikal hasil belajar sebesar 65,29 dengan ketuntasan belajar sebesar
52,94% , pada siklus II perolehas rata-rata hasil belajar klasikal sebesar
74,11 dengan ketuntasan belajar sebesar 76,47% serta siklus III perolehan
rata-rata hasil belajar sebesar 81,17 dengan persentase ketuntasan belajar
sebesar 86,23%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat
diambil kesimpulan bahwa melalui media jam dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa kelas III SDN 03 Bengkulu Selatan pada materi
membaca tanda waktu. Untuk itu disarankan kepada guru yang mengajar
mata pelajaran matematika dapat menggunakan media pembelajaran yang
lain sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5082 |