STUDI DESKRIPTIF PENGUASAAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN RANAH AFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU

Lestari, Marita and Puspa , Djuwita and Herman , Lusa (2012) STUDI DESKRIPTIF PENGUASAAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN RANAH AFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Marita Lestari.pdf] Text
Skripsi Marita Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan umum penelitian ini ialah bagaimanakah penguasaan guru dalam
pencapaian tujuan ranah afektif pada proses pembelajaran PKn di SD Negeri 86
Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan
ranah afektif dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 86 Kota Bengkulu.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Instrumen penelitian
ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara
kualitatif melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis data
dalam bentuk narasi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pola pengelolaan
pembelajaran PKn dalam mencapai tujuan ranah afektif yang dilakukan oleh guru
masih kurang baik. Sehingga, penguasaan guru dalam melaksanakan evaluasi
ranah afektif juga masih kurang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan ranah afektif dalam proses
pembelajaran PKn di SD Negeri 86 Kota Bengkulu masih kurang baik. Saran dari
peneliti, untuk mencapai tujuan pembelajaran afektif yang optimal guru harus
lebih meningkatkan kualitas dan penguasaannya terhadap proses pembelajaran
dan evaluasi yang mengarah pada ranah afektif. Guru juga harus memprogram
dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:11
Last Modified: 19 Dec 2013 17:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200