Maryaliza, Maryaliza and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGANYAM DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![MARYALIZA.pdf [thumbnail of MARYALIZA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MARYALIZA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (224kB)
Abstract
Pada umumnya anak-anak pada usia dini sangat susah dalam kegiatan
mengembangkan motorik halusnya melalui menganyam. Penelitian ini
bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan kemampuan motrik halus
anak melalui menganyam ‘pada anak kelas B4 di Taman Kanak - Kanak
Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Jenis penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan
tindakan, action dan observation, refleksi. Instrument penelitian yang
digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak serta
lembar tes mengerjakan tugas (LKS), dan hasil karya anak. Analisis data nilai
akhir Siklus I dan siklus II menggunakan persentase. Hasil yang diperoleh
pada penelitian ini yaitu pada siklus I, 70 %, siklus II, 81 %. Data asesmen
akhir dalam meningkatkan motorik halus anak melalui menganyam sangat
signifikan yaitu dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan menganyam dapat
meningkatkan kemampuan motork halus anak kelas B4 Taman Kanak
Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Pelaksanaan motorik
halus anak melalui menganyam, sehingg kegiatan menganyam semakin
meningkat karena bahan/media dibuat mirip dengan aslinya. Rekomendasi
dari penelitian ini diberikan pada sekolah dan Guru Taman Kanak - kanak
Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:18 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5086 |