PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Yopita, , Marza. and Dalifa, Dalifa and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Marza Yopita (A1G007029)-0.pdf] Text
Marza Yopita (A1G007029)-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan
hasil belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses melalui
Media LKS. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan 33 orang siswa yang
terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar pengamatan aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar
(kognitif, afektif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari
observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data
pengamatan aktifitas guru dan siswa, lembar penilaian afektif, kognitif dan
psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-
rata observasi siswa yaitu 31,5 dengan kategori baik dan nilai rata-rata observasi
guru yaitu 32,25 dengan kategori baik. Hasil belajar kognitif yaitu rata-rata kelas
sebesar 70,87 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 60,60 %. Penilaian afektif
dengan rata-rata sebesar 61,81 dan penilaian psikomotor dengan rata-rata sebesar
64,01. Pada siklus II nilai rata-rata observasi siswa yaitu 35,5 dengan kategori
baik dan nilai rata-rata observasi guru yaitu 36,75 dengan kategori baik. Hasil
belajar kognitif yaitu rata-rata kelas sebesar 76,09 dengan ketuntasan belajar
secara klasikal 87,87 %. Penilaian afektif dengan rata-rata sebesar 73,93 dan
penilaian psikomotor dengan rata-rata sebesar 76,83. Dari hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses melalui Media LKS
dapat meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:20
Last Modified: 19 Dec 2013 17:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5087

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200