Yuhastina, Meini and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI UANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 KAUR TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI MEINI YUHASNITA PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI MEINI YUHASNITA PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MEINI YUHASNITA PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan
kemampuan guru dengan Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Materi Uang Pada Siswa Kelas IV SDN 05 Kaur
Tengah serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika kelas IV SDN 05 Kaur Tengah. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah apakah Penggunaan Media Konkret pada mata
pelajaran Matematika dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran
Matematika materi uang pada siswa kelas IV SDN 05 Kaur Tengah, apakah
penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika
materi uang pada siswa kelas IV SDN 05 Kaur Tengah. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi,dan tahap
refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan
siswa serta lembar tes tertulis. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata
– rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data
observasi dianalisis dengan rata – rata skor dan kreteria skor. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata – rata
skor observasi guru sebasar 23 dengan kriteria cukup dan rata – rata skor
observasi siswa sebesar 27 dengan kriteria baik, pada siklus II rata – rata
skor observasi guru sebesar 57 dengan kriteria baik dan rata – rata skor
observasi siswa sebesar 37 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan
belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 46,42 % dengan nilai rata – rata
6,4. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi
89,28% dengan nilai rata – rata meningkat menjadi 8,52. Berarti hal ini
mengalami peningkatan, dengan penggunaan media konkret untuk
meningkatkan hasil belajar Matematika materi uang.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:22 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5088 |