UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI AKTIVITAS MORONCE DENGAN MANIK- MANIK DI PAUD AMANAH KABUPATEN LEBONG

Dewi Fitriany, Meuthia and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI AKTIVITAS MORONCE DENGAN MANIK- MANIK DI PAUD AMANAH KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of meuthia.pdf] Text
meuthia.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui
aktivitas meronce, pada anak PAUD Amanah. Penelitian ini dilakukan karena masih
banyak anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar dan juga belim bisa
menulis dengan benar dan rapi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), dengan subjek penelitian anak PAUD Amanah usia Taman Kanak-kanak
Kabupaten Lebong tahun pelajaran 2011-2012 berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 9
orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam
2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan
tindakan (3) observasi (refleksi). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi
dan hasil karya anak. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan
aktivitas motorik halus anak dan juga digunakan untuk mengetahui peningkatan
aktivitas guru dikelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan
analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa aktivitas meronce dengan media
manik-manik dapat meningkatkan motorik halus anak PAUD Amanah. Hal ini dapat
dilihat dari keberhasilan merankai manik-manik berdasarkan warna pada siklus I
hanya 78,7% sedangakan pada siklus II meningkat menjadi 92,86%, merangai
manik-manik berdasarkan bentuk pada siklus I hanya 50% sedangakan pada siklus
II meningkat menjadi 92,86%, merangai manik-manik berdasarkan ukuran pada
siklus I hanya 50% sedangakan pada siklus II meningkat menjadi 92,86%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:25
Last Modified: 19 Dec 2013 17:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200