UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPANPENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KELAS IV SD NEGERI 3 KAUR SELATAN

Hartanto, Midi and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPANPENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KELAS IV SD NEGERI 3 KAUR SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI  MIDI HANTONO PDF OK.pdf] Text
SKRIPSI MIDI HANTONO PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualiatas dan prestasi hasil
belajar Matematika melalui Penerapan pendekatan Kooperatif Tipe Think
Pair Share pada pada kelas IV SD Negeri 3 Kaur Selatan yang berjumlah 32
orang pada materi bangun datar. Permasalahan yang diteliti adalah apakah
Penerapan
Pendekatan
Kooperatif
Tipe
Think
Pair
Share
dapat
meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa Pada Pembelajaran
Matematika kelas IV SDN 3 Kaur Selatan ?. Metode penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan 2 (dua) siklus.
Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman
observasi, tes. Dari hasil pengamatan pada siklus I hasil belajar siswa
dengan rata-rata 69,07 dengan kategori cukup dan siswa yang mendapatkan
nilai ≥ 55 hanya 76,57%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang
diperoleh siswa rata-rata menjadi 75,32 dengan kategori baik, sedangkan
siswa yang mendapat nilai ≥ 55 sudah mencapai 87,51%.
Dari pelaksanaan PTK yang telah dilakukan
dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Pembelajaran TPS dapat meningkatkan kualitas dan prestasi
hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri 3 Kaur
Selatan Kabupaten Kaur.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:28
Last Modified: 19 Dec 2013 17:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5090

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200