MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA DI KELAS V SD NEGERI 41 BENGKULU SELATAN

Noprianto, Miko, and Alimansyah, Alimansyah and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA DI KELAS V SD NEGERI 41 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of MIKO NOPRIANTO.pdf] Text
MIKO NOPRIANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian
ini adalahuntuk mengungkapkan apakah implementasi modl pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 41 Bengkulu Selatan, yang
terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar
membaca dan lembar observasi. Implementasi teknik ini dibagi menjadi 2
siklus. Dalam setiap siklus ada; perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Pengumpulan data melalui tes awal, siklus I, siklus II, tes akhir.
Untuk menganalisis data-data ini, peneliti mengunakan pendekatan deskriptif
kualitatif . Tes awal diberikan sebelum pelaksaan model ini. Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata nilai siswa pada tes awal adalah 4,88 dan rata-
rata nilai pada tes akhir siswa adalah7,85. Perbandingan nilai siswa pada tes
awal dan akhir menunjukan bahwa jumlah peningkatanya adalah 2,97.
Selanjutnya, situasi proses belajar mengajarpun menunjukan bahwa siswa
menjadi lebih akitf, dan motivasi dan minat belajar siswapun meningkat yang
dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa. Berdasarkan hasil tersebut,
peneliti menyimpilkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:30
Last Modified: 19 Dec 2013 17:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200