Herlina, Niti and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 04 KAUR UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI NITI HERLINA PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI NITI HERLINA PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NITI HERLINA PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kualitas pembelajaran
matematika, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas IV
SD Negeri
04 Kaur Utara pada pokok bahasan penjumlahan dan
pengurangan pecahan dalam memecahkan masalah melalui penerpan
metode problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kualitas pembelajaran matematika, aktivitas siswa, dan hasil belajar
matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Kaur Utara pada pokok bahasan
penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan metode
problem solving. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Kaur Utara
yang berjumlah 22 orang tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan
data penelitian ini terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument
penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis
secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata, daya serap, dan
ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata
skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan criteria penilaian skor.
Data hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1) kualitas proses pembelajaran yang dilakukan guru melalui penerapan
metode problem solving meningkat dari 39,0 pada siklus I, Dan siklus II
47,5 aktivitas siswa dalam memecahkan masalah melalui penerapan
metode problem solving dengan memanfaatkan media konkret pada
pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkat
hasil belajar, hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 6,86 ,
siklus II 8,09. Sedangkan ketuntasan belajar klasikalnya pada siklus I
68,6%, siklus II 80,9%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:37 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5094 |