Nrbelawati, Nurbelawati and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL MUARA AMAN LEBONG PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Hukum UNIB.
![NURBELAWATI.pdf [thumbnail of NURBELAWATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NURBELAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan kemampuan
berhitung dengan menggunakan permainan ”kartu angka”, pada anak kelas
B2 di Taman Kanak - Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong.
Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan
kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari beberapa
tahapan yaitu perencanaan tindakan, action dan observation, refleksi.
Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan
lembar observasi anak serta lembar tes mengerjakan tugas (LKS), dan hasil
karya anak. Analisis data nilai akhir Siklus I dan siklus II menggunakan
persentase. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada siklus I, 77
%, siklus II, 93 %. Data asesmen akhir dalam meningkatkan Kemampuan
berhitung dengan menggunakan permainan ”kartu angka” sangat signifikan
yaitu dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan ”kartu angka”
dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas B2 Taman Kanak -
Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Pelaksanaan
pembelajaran berhitung dan bermain dengan dirancang menggunakan
permainan kartu angka, sehingg kemampuan berhitung semakin meningkat
karena bahan/media dibuat mirip dengan aslinya. Rekomendasi dari
penelitian ini diberikan pada sekolah dan Guru Taman Kanak - kanak
Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:42 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5096 |