Kurniawansyah, Okto and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KAUR UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI OKTOm KURNIAWAN PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI OKTOm KURNIAWAN PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OKTOm KURNIAWAN PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: Prestasi belajar IPA
di kelas IV yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kualitas pembelajaran
dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 02
Kaur Utara melalui Metode Demonstrasi. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang telah
dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap
refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan
siswa serta lembar tertulis dalam bentuk essay. Data tes dianalisis dengan
menggunakan rata-rata nilai, persentase
ketuntasan belajar
siswa,
sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh rata-
rata skor observasi guru sebesar 33 dengan kriteria baik,dan rata-rata skor
observasi siswa sebesar 24 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor
observasi guru meningkat menjadi 35 dengan kriteria baik dan rata-rata skor
observasi siswa meningkat menjadi 26 dengan kriteria baik. Hasil analisis
ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar
60 % dengan nilai
rata-rata 68,56. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal
meningkat menjadi 92 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 82.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA dalam proses pembelajaran khususnya kelas IV di SD Negeri
02 Kaur Utara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 10:19 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 10:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5097 |