MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SDN 173 SELUMA

Zamrut, Purwadi and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SDN 173 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of PURWADI ZAMRUD.pdf] Text
PURWADI ZAMRUD.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (684kB)

Abstract

Pendekatan realistik mempermudah siswa untuk mengingat dan tidak mudah
melupakan materi pelajaran karena berperan langsung dalam kegiatan
pembelajaran yaitu dengan cara melihat, memegang dan merasakan benda-
benda nyata yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Tujuan
penelitian untuk mendeskripsikan cara meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas IV SDN 173 dengan pendekatan Matematika Realistik dan mendeskrip-
sikan penggunaan alat peraga dalam mengaktifkan siswa belajar. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang diawali dengan
pengamatan dan studi pendahuluan untuk mengetahui permasalahan di
kelas, kemudian dilakukan perbaikan dengan melakukan tahap-tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dalam penelitian ini
peneliti melakukan tiga kali siklus. Hasil penelitian siklus pertama diperoleh
nilai rata-rata kelas 5,86, ketuntasan belajar klasikal 37,50 dan pada siklus
kedua diperoleh nilai rata-rata kelas 7,13 ketuntasan belajar klasikal 70,83%.
Pada siklus ketiga rata-rata kelas meningkat menjadi 8,04 dan ketuntasan
belajar klasikal 100%. Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa dengan cara menggunakan alat peraga yang bersifat
konkrit, dipegang langsung oleh siswa dan dijadikan alat dalam menjelaskan
materi serta dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:25
Last Modified: 20 Dec 2013 10:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200