PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MEMPERBANYAK KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B1/B2 DI TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU

Eriani, Reri and Saparahayuningsih, Saparahayuningsih and Izzudin, Izzudin (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MEMPERBANYAK KOSA KATA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B1/B2 DI TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of skripsi data-0.pdf] Text
skripsi data-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan
kemampuan berbicara dengan memperbanyak kosa kata anak melalui media
gambar di TK Tunas Harapan “Subjek penelitian anak kelas B1/B2 Taman
Kanak-kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu Tahun 2011 dengan jumlah
anak 25 orang, yang terdiri dari 13 orang anak perempuan dan 12 orang anak
laki-laki. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua
siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan,
Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi yang saling terkait dan berkelanjutan.
Metode pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi anak.
Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah data statistik
sederhana berupa persentase dan uji rata-rata. Hasil penelitian pada siklus I,
terdiri dari tiga aspek yaitu menyebutkan nama benda berdasarkan gambar
makanan dan minuman, menunjuk gambar yang disebutkan guru,
melengkapi kalimat berdasarkan gambar diperoleh rata-rata 60%. Siklus II
terdiri dari tiga aspek yaitu menyebutkan gambar pakaian, menunjuk gambar
pakaian yang disebut guru, bercerita dengan gambar yang telah disediakan
mengalami peningkatan menjadi 84%. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan
berbicara dengan memperbanyak kosa kata anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:39
Last Modified: 20 Dec 2013 10:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200