Kurniawan, Rio and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) PEMANFAATAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS IV SDN 45 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![RIO KURNIAWAN.pdf [thumbnail of RIO KURNIAWAN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIO KURNIAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (419kB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang dan permasalahan penelitian, maka
tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (a) untuk memperbaiki proses
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pemanfaatan lingkungan
sebagai sumber belajar, (b) untuk meningkatkan perolehan hasil belajar
siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan (action research). Metode ini digunakan untuk
membantu memecahkan masalah dan memperbaiki proses pembelajaran
IPA di kelas IV SDN 45 Bengkulu Selatan secara reflektif dan
berkolaboratif. Hasil penelitian terhadap keterampilan proses yang
dilakukan siswa diperoleh nilai rata-rata siklus I 2,95 dengan kategori
cukup, siklus II 3,1 dengan kategori baik dan siklus III 3.5 dngan kategori
baik. Dari analisis hasil belajar siswa secara kelompok diperoleh nilai
siklus I 74,8 (66,7%), siklus II 91,7 (100%), dan siklus III 95,8 (100%).
Sedangkan secara individual diperoleh nilai siklus I 71,5 (76,9%), siklus II
78,8 (76,9%), dan siklus III 81,2 (100%). Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan: (a) keterampilan proses dalam pembelajaran IPA
dapat ditingkatkan dengan pengembangan sumber belajar melalui
pemanfataan
lingkungan,
(b)
pemanfaatan
lingkungan
dalam
pembelajaran IPA mningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 10:44 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 10:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5105 |