HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU

Sanusi, , Ririn. and Abdul, Muktadir and Lukman, Lukman (2012) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Ririn Sanusi-0.pdf] Text
Skripsi Ririn Sanusi-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar PKn, gaya belajar yang
dominan di kelas IV SD N 59 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui hubungan
antara gaya belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD N 59 Kota
Beengkulu. Metode penelitian ini adalah deskritif kuantitatif dengan sampel
sebanyak 50 siswa data yang di peroleh dari anket yang telah di uji coba dan telah
di uji validitas dan realibitas. Dengan tingkat realibitas 0,891. Teknik analisis data
dengan mengunakan rumus persentase deperoleh hasil bahwa gaya belajar PKn
kelas IV SD N 59 Kota bengkulu adalah Visual, Auditorial, dan Kinestik. Gaya
belajar yang dominan adalah gaya belajar Audiotorial, untuk menguji hipotesis di
gunakan analisa regresi sederhana dengan uji normalitas homogenitas, dan
linieritas di peroleh hasil bahwa data berdistribusi normal, memiliki varians
homogen dan bersifat linier. Besarkecil sumbang variabel X dan variabel Y dan
untuk melibat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar PKn siswa
kelas IV SD N 59 Kota Bengkulu digunakan rumus product moment dengan hasil
??????? = 0, 768 dan ?????? ? 0,28 sehingga ???????> ?????? berarti terdapat
hubungan antara gaya belajar dengan preastasi belajar dinyatakan dengan indek
determinasi diperoleh hasil 59% sedangkan untuk menguji hipotesis yang
diajukan digunakan uji t diperoleh hasil ??????? = 8,132 dan ?????? = 1,970 pada
taraf signifikan 0,05berarti terdapat hubungan yang tertinggi dan signifikan antara
gaya belajar dengan prestasi belajar PKn.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:46
Last Modified: 20 Dec 2013 10:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item
View Item