Naim, Sahlun and Alexon, Alexon and Sri , Irawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SAHLUN NAIM rev1-0.pdf [thumbnail of SAHLUN NAIM rev1-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SAHLUN NAIM rev1-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar
siswa kelas IV Negeri 11 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran
kooperatif tipe berkirim salam dan soal pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 11
Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar observasi dan lembar tes tertulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan
soal pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru IPS
untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal
terutama pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 10:56 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 10:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5109 |