Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas V Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang

Samidah, Samidah and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas V Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SAMIDAH.pdf] Text
SAMIDAH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model
pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa
pada materi Daur Hidup Hewan Siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing
Tinggi Kabupaten Empat Lawang?”. Bagaimana strategi penerapan
model pembelajaran Talking Stick Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi
Kabupaten Empat Lawang? Bagaimana prestasi belajar siswa setelah
diterapkan model pembelajaran Talking Stick ?, penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat
Lawang Tahun Pelajaran 2011/2012. yang berjumlah 38 siswa.
Berdasarkan hasil analisis diskriptif diketahui bahwa hasil belajar secara
klasikal pra tindakan pra tindakan atau pra siklus diperoleh nilai rata-rata
sebesar 6,5 dari 38 siswa. Hanya ada 2 siswa yang memperoleh nilai ≥
70 dengan persentase sebesar 2%. Dari hasil tes akhir siklus I diperoleh
nilai ≥ 70 dari 38 siswa. Yang memperoleh nilai ≥ 70 ada 30 siswa
dengan persentase 45%. Nilai rata-rata akhir siklus I mengalami
peningkatan, dari nilai tes pratindakan dengan persentase peningkatan
sebesar 57%. Nilai rata-rata akhir siklus II mengalami peningkatan dari
nilai tes akhir siklus I dengan persentase peningkatan sebesar 45%.
Peningkatan sebelum dilaksanakan tindakan, Setelah pelaksanaan
Siklus I, dan Siklus II, di dapatkan dari 2 tahap tersebut maka
menghasilkan nilai persentase yang sangat memuaskan yaitu sebesar
100%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:59
Last Modified: 20 Dec 2013 10:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200