Herawati, S, efti and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Negeri UPT Karang Cayo. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SEFTI HERAWATI.pdf [thumbnail of SEFTI HERAWATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SEFTI HERAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (473kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri UPT Karang Cayo, salah satu nya di
sebabkan proses pembelajaran yang selama ini diajarkan menggunakan suatu yang abstrak sehingga siswa
mengalami kesulitan untuk memahami teori. Penggunaan Lembar Kerja Siswa belum diupayakan oleh guru
dimana lembar kerja siswa berperan sebagai alat bantu untuk mengaktifkan siswa dalam belajar. Oleh karena
itu peneliti akan mencoba menggunakan lembar kerja siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual
dalam proses pembelajaran pada materi kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar Matematika di SD Negeri UPT Karang Cayo.Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas V
SD Negeri UPT Karang Cayo terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar
observasi siswa, Lembar Observasi Guru, LKS, dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum
dilakukan tindakan aktivitas siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal
31,03%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terlihat bahwa aktivitas siswa sudah baik, respon siswa
positif, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 55,17%, namun belum mencapai standar
ketuntasan klasikal (minimal 65%). Pada siklus II aktivitas siswa sudah baik, respon siswa positif dan hasil
belajar siswa semakin meningkat sehingga mencapai ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukkan bahwa
pembelajaran degan menggunakan LKS dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada materi yang sedang di pelajari. Penelitian lebih lanjut di sarankan subjek diperluas
pada kelas dan materi yang lainnya
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:07 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5113 |