MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK WIDYA KENCANA DI KECAMATAN KEPAHIANG

Hariani, Septi and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK WIDYA KENCANA DI KECAMATAN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SEPTI HERIANI.pdf] Text
SEPTI HERIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kondisi kelas B2 Taman Kanak–kanak Widya Kencana Kecamatan
Kepahiang memiliki data yang menunjukkan kemampuan keaksaraan anak dalam
kelas ini sangat rendah.Hal ini,ditandai dengan hasil pembelajaran menulis anak
masih sangat rendah,misalnya:anak belum bisa menulis denga rapi yakni tulisan
yang dibuat terlalu besar,masih keluar garis,bergelombang naik turun,huruf dalam
kata
masih
kurang
serta
belummengenalspaUntuk
mengatasi
beberapa
permasalahan di atas maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
judul meningkatkan kemampuan keaksaraan dengan menggunakan media gambar
pada anak kelas B2 Taman kanak–kanak Widya Kencana Kecamatan
Kepahiang.Tahun ajaran 2011/2012,dengan subjek penelitian 20 anak yang terdiri
dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki–laki. Metode penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan,(2) pelaksanaan tindakan,(3)
observasi (4) refleksi pengumpulan data dilakukan dengan mengasesment dari
teknik lembar penugasan anak dan observasi.Lembar observasi ada dua yaitu
lembar observasi pembelajaran anak sedangkan lembar observasi guru adalah
untuk mengetahui peningkatan aktifitas guru merancang pembelajaran dan
melaksanakan pembelajaran.Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui
data keberhasilan anak yang menunjukkan pada siklus I sebanyak 60% dan
meningkat 10% pada siklus ke II menjadi 70% begitu juga pada kemampuan guru
merencanakan pembelajaran pada siklus I mendapat skor 27 meningkat menjadi 29
pada siklus II. Dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I guru mendapatkan
nilai 52 meningkat menjadi 53 pada siklus II.Kemampuan guru dalam merencanakan
pembelajaran mendapatkan nilai 29,kemampuan guru melaksanakan pembelajaran
mendapatkan nilai 54,pembelajaran anak pada siklus III dari 70 % meningkat 20%
menjadi 90% pada siklus III. Pada siklus III penelitian dikatakan berhasil karena
sudah mencapai angka keberhasilan berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:10
Last Modified: 20 Dec 2013 11:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200