Sisniarti, Sisniarti and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMERINTAHAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD NEGERI 08 TANJUNG KEMUNING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI SISNIARTI PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI SISNIARTI PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SISNIARTI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar
Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning
belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal, 2) metode
pengajaran
masih
kurang bervariasi. Tujuan penelitian
ini, untuk
meningkatkan
aktivitas
guru
dalam
pembelajaran
Pendidikan
Kewarganegaraan pada materi Pemerintahan melalui penerapan metode
tanya jawab pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning, untuk
meningkatkan
aktivitas
siswa
dalam pembelajaran
Pendidikan
Kewarganegaraan pada materi Pemerintahan melalui penerapan metode
tanya jawab pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning, untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 08 Tanjung
Kemuning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Reasearch) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan,
tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari
lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk
essay. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai skor
observasi guru 26 dengan kriteria baik, dan nilai skor observasi siswa
sebesar 25 dengan kriteria baik, pada siklus II nilai skor observasi guru
meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik dan nilai skor observasi siswa
sebesar 28 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara
klasikal pada siklus I sebesar 38,70% dengan nilai rata-rata 6,82. Pada siklus
II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 90,32% diikuti
dengan nilai rata-rata yang juga meningkat menjadi 7,95. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tanya jawab
dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pemerintahan mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 08 Tanjung
Kemuning.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:23 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5117 |