Sugiarti, Sugiarti and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SERI PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NO 12 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SUGIARTI.pdf [thumbnail of SUGIARTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUGIARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (211kB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari nilai rata-rata tes standarisasi mutu
yang berada jauh di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan
di SD Negeri 12 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran menulis
karangan menggunakan media pembelajaran bergambar. Penelitian ini
dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
kolaborasi, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini untuk membuktikan
apakah ada peningkatan kemampuan menulis siswa bila dalam proses
pembelajaran digunakan media cerita bergambar. Dalam melaksanakan
tindakan digunakan metode pengamatan, dokumentasi, tes, dan wawancara.
Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas
siswa dalam pembelajaran, alat penilaian kemampuan guru, panduan
penilaian menulis karangan, dan panduan wawancara. Sedangkan data yang
diperoleh dianalisis dengan secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Proses
penggunaan media pembelajaran gambar seri adalah 1) Menyusun cerita
bergambar yang diacak terlebih dahulu, 2) Gambar yang telah diacak
ditempel di papan tulis, 3) Gambar seri tersebut di urutkan berdasarkan
urutan yang benar dengan cara di beri angka di bawah gambar, 4) Memberi
judul karangan yang sesuai dengan tema, 5) Menulis kata berdasarkan
gambar, 6) Kata-kata tersebut disusun menjadi kalimat, 7) Kalimat disusun
menjadi sebuah paragraf, 8) Paragraf disusun sehingga menjadi karangan
yang utuh berdasarkan gambar seri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri 12 Bengkulu
Selatan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran gambar seri pada materi menulis karangan dikelas V SD
Negeri 12 Bengkulu Selatan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan
hasil belajar menulis karangan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:26 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5118 |