Sunarti, Tiwi and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BATANG DI KELAS IV SD NEGERI 06 PADANG GUCI HULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI TIWI.pdf [thumbnail of SKRIPSI TIWI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TIWI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
Menerapkan Model Pembelajaran konstruktivisme pada pokok bahasan
Batang Tumbuhan pada kelas IV SD Negeri 06 Padang Guci Hulu, jumlah
siswa 17 orang. Permasalahan yang diteliti adalah apakah Penerapan
Pendekatan kontruktivsme dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang
Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan 2 (Dua) siklus. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan pedoman observasi, tes. Dari hasil pengamatan pada siklus I
hasil belajar siswa dengan rata-rata 5,71, penilaian aktivitas siswa dengan
skor ≥ 6,4 hanya 41,1%.dan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa
dengan rata-rata 7,6, penilaian aktivitas siswa dengan skor ≥ 6,4 yakni
94,1%. Dari pelaksanaan PTK yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang Batang Tumbuhan di SD
Negeri 06 Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:38 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5123 |