Drma Bakti, Tri and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2011) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI LUKIS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK BERMAIN PAUD BUNGA JEMPA UPTD SKB KABUPATEN LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![TRI DARMA BAKTI.pdf [thumbnail of TRI DARMA BAKTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TRI DARMA BAKTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelituan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas seni lukis
anak melalui kegiatan finger painting. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian anak Kelompok Bermain
PAUD Bunga Jempa UPTD SKB Kabupaten Lebong tahun ajaran 2011 –
2012, dengan jumlah anak 13 orang yang terdiri dari 4 orang anak laki – laki
dan 9 orang anak perempuan. Pada pelaksanaan penelitian ini dilakukan
dalam 2 siklus dimana setiap siklus tedapat 4 tahap yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk
mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan
lembar kerja anak, lembar observasi digunakan untuk mengetahui adanya
peningkatan aktivitas belajar anak dan aktivitas guru dikelas. Sedangkan
lembar kerja anak digunakan untuk melihat peningkatan kreativitas seni lukis
anak menggunakan finger painting. Berdasarkan analisis hasil dan
pembahasan diketahui bahwa melalui kegiatan finger painting dapat
meningkatkan kreativitas seni lukis anak kelompok bermain.yang dapat dilihat
dari peningkatan kemampuan kreativitas seni lukis anak dan aktivitas belajar
anak, untuk kemampuan kreativitas seni lukis anak, siklus satu 63,,07% dan
siklus dua 89,23% mengalami peningkatan mencapai 26,16% sedangkan
untuk aktivitas belajar anak siklus satu 65% dan siklus dua 89,23%
mengalami peningkatan 24,23%. Begitu juga dengan aktivitas guru dalam
merancang pembelajaran pada siklus satu mendapat skor 47 sedangkan
disiklus dua mendapat skor 63. Untuk kemampuan guru melaksanakan
pembelajaran pada siklus satu mendapat sekor 70 sedangkan pada siklus
dua mencapai 119 dengan katagori sangat baik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:41 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5124 |