Darsih, Tri and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI INDRA PEMBAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD NEGERI 03 MAJE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI TRI DARSIH PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI TRI DARSIH PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TRI DARSIH PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV
SD 03 Maje dengan penerapan metode Demonstrasi. Alasan diadakannya
penelitian ini karena nilai siswa pada mata pelajaran IPA masih jauh di bawah
rata-rata
ketuntasan yang
ditetapkan
oleh
Depdiknas,salah satu
penyebabnya adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam
mengajar.Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : (1)
Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam proses belajar IPA di
kelas IV SD 03 Maje. (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 03 Maje. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan
dalam
penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah :Pada siklus I nilai rata-rata observasi guru 32
dengan kriteria baik, dan observasi siswa 28 dengan kriteria cukup.
Sedangkan siklus II rata-rata observasi guru 35 dengan kriteria baik dan rata-
rata siswa sebesar 35 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar
secara klasikal pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 59,18. Pada
siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 100% dengan
rata-rata 82,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil
belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SD 03 Maje.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:43 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5125 |