Hartati, , Wilisni and Karjiati, Karjiati and Lukman, Lukman (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( PTK di Kelas VA SDN 09 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Wilisni Hartati-0.pdf [thumbnail of Skripsi Wilisni Hartati-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Wilisni Hartati-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses
pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
di kelas VA di SDN 09 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT dengan metode Problem solving. Jenis penelitian yang
dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar
afektif dan psikomotor untuk penilaian kerja kelompok serta lembar tes tertulis
dalam bentuk essay. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik analisis data
observasi guru dan siswa. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 36 dengan kriteria baik, dan rata-rata
skor observasi siswa sebesar 32,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata
skor observasi guru sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi
siswa sebesar 39,75 dengan kriteria baik. Data hasil belajar dianalisis dari hasil tes
siswa dengan menggunakan teknik analisis data tes. Hasil analisis ketuntasan
belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 68,57% dengan nilai rata-rata 69,28.
Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 88,57%
dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 78,14. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan
Metode Problem Solving dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran Matematika khususnya di kelas VA SD Negeri 09 Kota
Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 11:59 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 11:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5131 |