Afrilyani, , Wulan and Abdul, Muktadir and Hasnawati, Hasnawati (2011) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET SISWA KELAS V SD NEGERI 15 PADANG ULAK TANDING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![WULAN AFRILYANI-0.pdf [thumbnail of WULAN AFRILYANI-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WULAN AFRILYANI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, meningkatkan
aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan
media benda konkret pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 15
Padang Ulak Tanding. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 15
Padang Ulak Tanding dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, yang terdiri dari
13 siswa pria dan 14 siswa wanita pada tahun ajaran 2010-2011 semester I.
Instrumen penelitian yang digunakaan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi dan data hasil tes dengan teknik analisis data observasi guru dan
siswa dan data tes. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29,5 dengan kriteria baik, dan
rata-rata skor observasi siswa sebesar 28 dengan kriteria baik dan meningkat pada
siklus II dengan rata-rata skor observasi guru sebesar 35 dengan kriteria baik dan
rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,5 dengan kriteria baik. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media benda konkret
dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika siswa
kelas V SD Negeri 15 padang Ulak Tanding yang ditunjukkan dengan hasil
ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 67 % dengan nilai
rata-rata 7,6 dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat
menjadi 92 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,5.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:02 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5132 |