PENGGUNAAN KIT IPA MELALUI METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 46 BENGKULU SELATAN

Fitriani, Yenny and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2011) PENGGUNAAN KIT IPA MELALUI METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 46 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of YENNY FITRIANI-0.pdf] Text
YENNY FITRIANI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Masalah pokok yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW dapat meningkatkan prestasi
siswa pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 46 Bengkulu
Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan afektif
dan psikomotorik siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA dengan menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Kit IPA melalui
metode JIGSAW dapat meningkatkan keaktifan afektif,psikomotorik dan
prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi afektif siswa
pada siklus I yaitu 75 dan meningkat menjadi 80,8 pada siklus II, sedangkan
keaktifan psikomotorik siswa siklus I adalah 67,4 dan 80,2 pada siklus II.
Prestasi siswa juga dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang terus
meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata
evaluasi siswa hanya 58,54 dan pada siklus I meningkat menjadi 70,6, pada
siklus II meningkat lagi menjadi 80,4. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan Kit IPA melalui metode JIGSAW dapat
meningkatkan keaktifan afektif, psikomotorik dan prestasi siswa kelas V SD
Negeri 46 Bengkulu Selatan pada mata pelajaran IPA materi Pesawat
Sederhana.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:09
Last Modified: 20 Dec 2013 12:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item
View Item