Putri Eka, , Yosi and Lukman, Lukman and Daimun , Hambali (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PERMAINAN TALKING STICK (TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 40 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Yosi Eka Putri-0.pdf [thumbnail of Skripsi Yosi Eka Putri-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Yosi Eka Putri-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 40
Kota Bengkulu dengan menggunakan metode TPS melalui permainan TS pada
pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya
terdiri dari 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD
Negeri 40 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen yang digunakan
yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam
2 siklus ini terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa yaitu. (1) Aktivitas guru
pada siklus I diperoleh rata-rata skor 46,25 dengan kriteria “baik” dan pada siklus II
diperoleh rata-rata skor 49 dengan kriteria “baik”. (2) Aktivitas siswa padasiklus I
diperoleh rata-rata skor 45,25 dengan kriteria “baik” dan pada siklus II diperoleh rata-rata
skor 49,25 dengan kriteria “baik”. (3) Nilai LDS pada siklus I mata pelajaran BI 62,69
dengan ketuntasan belajar 23,07%, mata pelajaran IPS 69,23 dengan ketuntasan belajar
30,76%, mata pelajaran PKn 68,84 dengan ketuntasan belajar 46,15%, mata pelajaran
IPA 63,46 dengan ketuntasan belajar 30,76%, mata pelajaran MTK 66,53 dengan
ketuntasan belajar 76,92%. Nilai LDS meningkat pada siklus II diperoleh nilai mata
pelajaran BI 83,84 dengan ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran PKn 81,92 dengan
ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran IPS 86,15 dengan ketuntasan belajar 100%, mata
pelajaran IPA 81,15 dengan ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran MTK 85,38 dengan
ketuntasan belajar 100%. (4) Nilai kognitif pada siklus I diperoleh nilai mata pelajaran BI
60 dengan ketuntasan belajar 38,46%, mata pelajaran IPS 70,19 dengan ketuntasan
belajar 57,69%, mata pelajaran PKn 66,92 dengan ketuntasan belajar 53,84%, mata
pelajaran IPA 66,53 dengan ketuntasan belajar 46,15%, mata pelajaran MTK 62,88
dengan ketuntasan belajar 42,30%, mata pelajaran SBK 71,15 dengan ketuntasan belajar
65,38%. Nilai kognitif meningkat pada siklus II mata pelajaran BI 80 dengan ketuntasan
belajar 92,30%, mata pelajaran PKn 76,34 dengan ketuntasan belajar 84,61, mata
pelajaran IPS 74,80 dengan ketuntasan belajar 88,46%, mata pelajaran IPA 78,26 dengan
ketuntasan belajar 89,76%, mata pelajaran MTK 75,57 dengan ketuntasan belajar
76,92%, mata pelajaran SBK 72,88 dengan ketuntasan belajar 80,76%. (5) Penilaian
afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata mata pelajaran BI 9,9, mata pelajaran IPS
10,8, mata pelajaran PKn 11,1, mata pelajaran IPA 11,1, mata pelajaran MTK 10,8, mata
pelajaran SBK 10,9 . Penilaian afektif meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata
BI 12,4, mata pelajaran PKn 12,2 , mata pelajaran IPS 12,3, mata pelajaran IPA 12,3,
mata pelajaran MTK 12,7, mata pelajaran SBK 13,1. (6) Penilaian psikomotor pada siklus
I diperoleh nilai rata-rata mata pelajaran BI 8,4, mata pelajaran IPS 8,5, mata pelajaran
PKn 8,3, mata pelajaran IPA 8,6, mata pelajaran Matematika 8,0, mata pelajaran SBK
9,2. Penilaian psikomotor meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata mata
pelajaran BI 13,9, mata pelajaran PKn 10,3, mata pelajaran IPS 10,1, mata pelajaran IPA
10,2, mata pelajaran Matematika 10,4, mata pelajaran SBK 10,4. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Metode
TPS Melalui permainan TS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas
II SDN 40 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:11 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5135 |