Fatriyani, , Nesia and Nani , Yuliantini and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI NESIA FATRIYANI.pdf [thumbnail of SKRIPSI NESIA FATRIYANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NESIA FATRIYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN 17 Kota
Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 17 Kota
Bengkulu dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan terdiri
atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian afektif,
lembar penilaian psikomotor serta lembar tes tertulis (post tes). Data observasi
dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan
data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan
belajar siswa. Dari analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata
skor 30,75 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 38,75
dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata
skor 29 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 40,75
dengan kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata
skor 9,62 dan pada siklus II meningkat menjadi 11,19 Untuk penilaian
psikomotor pada siklus I diperoleh skor 8,37 dan pada siklus II meningkat
menjadi 10,52. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata
kelas 7,17 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 78,12% dan
untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 8,03 dengan ketuntasan belajar
secara klasikal mencapai 84,75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa proses pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai membaca
pemahaman dengan menerapkan model CIRC dapat meningkatkan kualitas
proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5140 |