Suelsi, , Restika and Sri , Dadi and Resnani, Resnani (2012) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN PADA PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Restika Suelsi.pdf [thumbnail of Skripsi Restika Suelsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Restika Suelsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Pembelajaran Tematik dan
mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi Pembelajaran Tematik di SD
Negeri 25 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah
Deskriptif Kualitatif Tipe Eksploratif. Subjek penelitian adalah guru kelas I, II,
dan III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan
kesioner (questioner) dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik
analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian (display) data, dan
penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa guru kelas I, II, dan III SD Negeri 25 Kota Bengkulu
mengalami kesulitan dalam perencanaan Pembelajaran Tematik, pelaksanaan
Pembelajaran Tematik dan evaluasi Pembelajaran Tematik. Upaya yang dilakukan
guru kelas I, II, dan III SD Negeri 25 Kota Bengkulu dalam Perencanaan
Pembelajaran Tematik belum tepat ditunjukkan dengan: (1) mengajar tanpa tema;
(2) tidak menggunakan jaringan tema; (3) pakai silabus yang lama; (4) menyusun
RPP yang biasa saja bukan RPP Tematik; (5) pakai RPP yang lama; (6) tidak
mengaitkan antar materi pelajaran; (7) tidak merumuskan tujuan pembelajaran
dengan aspek kognitif (proses), afektif dan psikomotor; (8) menggunakan metode
lama yaitu ceramah; dan (9) tidak menyusun lembar observasi siswa, lembar
afektif, dan lembar psikomotor. Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik belum
tepat dilakukan oleh guru kelas I, II, dan III SD Negeri 25 Kota Bengkulu,
ditunjukkan dengan: (1) mengajar secara terpisah per mata pelajaran; dan (2)
mengajar tidak mengaitkan antar mata pelajaran. Dalam Evaluasi Pembelajaran
Tematik belum tepat dilakukan oleh guru kelas I, II, dan III SD Negeri 25 Kota
Bengkulu, ditunjukkan dengan: (1) tidak menilai afektif siswa; dan (2) tidak
menilai psikomotor siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5141 |